Selasa, 05 Oktober 2010

WeB Engineering 2

Definisi Hypertext
Teks yang tidak sekuensial, dan dapat dibaca dengan cara yang berbeda oleh orang yang berbeda. Teks yang dihubungkan dengan bagian lain dengan cara sedemikian sehingga pembaca dapat menghentikan membaca dokumen pada bagian tertentu untuk melihat bahan lain yang berhubungan.

Hypertext: digunakan untuk menyebut aplikasi berisi hanya teks.
Peranan hiperteks dalam perkembangan teknologi informasi sangat besar karena konsep hiperteks memberikan kemudahan kepada pembangunan sumber informasi dalam menciptakan struktur informasi secara acak (non sequentially).

Non-Linear Hypertext
Hypertext juga sering disebut sebagai non linier text, karena dalam bagian-bagian tertentu bisa merujuk ke bagian lain secara tidak sekuen sesuai dengan alamat rujukan yang diberikan. Rujukan atau Link ini diantaranya yang membedakan dengan teks konvensional sebelumnya. Pembaca bisa mengikuti jalur sesuai dengan prefrensinya, dan tidak harus melalui jalur yang sama.



Disorientasi dan Cognitive Overload merupakan sebuah kondisi dimana informasi yang ingin dicari user tidak tepat pada sasaran dan jumlah text yang dimasukkan terlalu banyak. Jika disorientasi terjadi maka akan mengakibatkan Lost in Hyperspace (LiH) atau dengan kata lain seorang pengguna berada pada dokumen tertentu, akan tetapi dia tidak mengerti sedang berada dimana.

referensi :
1] http://duniaperpustakaan.blogdetik.com/2009/11/13/penerapan-berbagai-macam-teknik-temu-kembali-informasi/
2] http://feyleo83.blogspot.com/2009/03/distribusi-multimedia.html
3] http://sahlanpermana.blogspot.com/2010/05/hypertext.html
4] http://students.ukdw.ac.id/~23050013/paper2.html
5] http://rufmania.multiply.com/journal/item/1
6] http://arioss.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar