Senin, 01 November 2010

SOA (Service-oriented architecture)

SOA DAN LAYANAN TERINTEGRASI

SOA (Service Oriented Architecture) adalah sebuah konsep arsitektur infrastruktur level atas yang didasarkan pada pola dan pengalaman untuk membuat solusi berbasis layanan (service-oriented).
Inti dari sebuah layanan adalah adanya sejumlah event yang terdefinisi dengan jelas. Event tersusun atas sejumlah response. Di sisi lain, response bisa diuraikan menjadi sejumlah service dan sistem.
SOA adalah sebuah arsitektur, yang idealnya sangat tidak bergantung satu sama lain (independent). Dalam lingkungan bisnis, definisi murni mengenai SOA bisa berupa arsitektur aplikasi dimana semua fungsi didefinisikan sebagai layanan independent yang yang memiliki interface yang dapat dipanggil, dan dipanggil dalam urutan tertentu untuk melaksanakan proses bisnis. Hal ini berarti:
  1. Semua fungsi didefinisikan sebagai service. Hal ini termasuk fungsi bisnis murni, transaksi bisnis yang terdiri atas fungsi yang lebih rendah, dan fungsi servis sistem.
  2. Semua servis bersifat independent. Servis ini bersifat sebagai ‘kotak hitam’, komponen luar tidak mengetahui bagaimana servis ini menjalankan tugasnya hingga menghasilkansesuatu.
Dua karakteristik kritis yang harus dipenuhi dalam SOA adalah bahwa servis benar-benar bersifat independent dan servis dapat dikelola. Pendekatan yang dilakukan dalam mengadopsi konsep SOA pada satu organisasi dapat dibagi menjadi 2 (dua) kelompok yaitu [3] pertama fokus pada back-end yaitu bagaimana agar satu sistem dapat berkomunikasi dengan sistem lain, kedua fokus pada user-centric, yaitu ide bagaimana menyediakan informasi dan fungsionalitas bersamasama dalam sistem agar dapat melayani kebutuhan user.

Ada dua hal penting tentang lifecycle SOA yakni:
  • fase-fase dalam lifecycle SOA dapat dipergunakan untuk semua proyek SOA
  • aktifitas-aktifitas yang dilakukan pada fase lifecycle SOA dapat memiliki skala yang beragam dan level penggunaan kakas bantu akan tergantung dari tingkat adopsi yang dilakukan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar